I. Pilihlah a, b, c atau d pada jawaban yang paling benar !
1. Berdasarkan pengelompokannya, ikan tergolong sumber daya alam...
a. Materi
b. Hayati
c. Energi
d. Ruang
2. Sumber daya alam (SDA), baik hayati maupun non hayati memiliki peran dalam kehidupan manusia. Berikut ini yang menunjukan peran SDA nonhayati adalah...
b. Masyarakat pesisir mengusahakan tambak udang.
c. Mangrov berfungsi mencegah abrasi pantai.
d. Tambak garam meningkatkan pendapatan petani.
e. Banyak nelayan membudidayakan kerang mutiara.
3. Wilayah Indonesia dikaruniai oleh Tuhan yang Maha Pemurah berupa sumber daya alam (SDA) yang melimpah.Melimpahnya SDA tersebut berpotensi bernilai ekonomi tinggi jika diekslporasi.....
a. secara maksimal bagi kepentingan kelompok
b. untuk memenuhi kebutuhan masa sekarang
c. untuk memenuhi kebutuhan saat ini dan masa depan
d. secara besar-besaran untuk meningkatkan pendapatan nasional
4. Sumber daya alam yang melimpah dapat digunakan untuk membangun bangsa. Pernyataan yang salah mengenai sumber daya alam kaitannya dengan pembangunan adalah...
a. sumber daya alam dapat dijadikan penunjang pertumbuhan ekonomi
b. sumber daya alam merupakan faktor utama penunjang kemajuan suatu bangsa
c. sumber daya alam berperan dalam proses produksi perusahaan pada suatu negara
d. sumber daya alam dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan pendapatn per kapita
5. Pembangunan ekonomi berkelanjutan terkait pemanfaatan sumber daya alam bertujuan...
a. menjaga siklus ekosistem alam
b. meningkatkan jumlah lapangan kerja
c. mengurangi jumlah pengangguran dan kemiskinan
d. menyediakan SDA untuk generasi masa mendatang
6. Letak Indonesia yang berada di jalur gunung api berpengaruh terhada proses terbentuk SDA. Sumber daya alam berikut yang terbentuk dari proses tersebut adalah...
a. Terbentuknya sumber energi panas bumi
b. Tingginya kualitas komoditas perkebunan
c. Luasnya potensi hutan
d. Beragamnya jenis flora dan fauna
7. Sumber daya perairan danau memiliki banyak manfaat bagi kehidupan manusia. Dilihat dari aspek sosial, salah satu manfaat danau bagi manusia sebagai...
a. Sarana rekreasi
c. Sumber energi listrik
b. Sumber air irigasi
d. Sumber air domestik
8. Sumber daya air juga dikelola oleh negara melalui Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM). Padahal air merupakan sumber daya alam terbarukan. Hal tersebut karena...
a. Air sangat penting bagi kelangsungan hidup negara
b. Air memiliki nilai jual tinggi
c. Air merupakan kebutuhan semua orang
d. Air merupakan bagian dari sumber pendapatan negara
9. Semua sumber daya alam di bumi diciptakan Tuhan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Manusia dapat memanfaatkan sumber daya alam tersebut dengan cara ...
a. Mengelola sumber daya alam berdasarkan kebutuhan
b. Mengelola seluruh sumber daya alam untuk dikonsumsi
c. Memanfaatkan semua sumber daya alam berdasarkan keinginan
d. Memanfaatkan sumber daya alam untuk meraih laba besar
10. Perhatikan
Batu bara tidak memiliki banyak manfaat jika dibiarkan tetap berada di dalam tanah. Oleh karena itu, masyarakat melakukan penambangan batu bara dan mengolahnya menjadi briket batu bara. Briket batu bara berguna sebagai bahan bakar. Jadi, batu bara akan dapat berfungsi maksimal jika dikelola menjadi briket.
Ilustrasi tersebut menunjukkan bahwa pengelolaan batu bara perlu memperhatikan ...
a. Time utility
b. Place utility
c. Form utility
d. Ownership utility
11. Perhatikan !
Sayuran merupakan contoh sumber daya alam terbarukan. Sayuran akan memberikan manfaat maksimal jika dipetik sewaktu matang. Jika terlambat dipetik, nilai gizi sayur menurun sehingga tidak memberikan manfaat secara maksimal.
Ilustrasi tersebut menunjukkan bahwa memetik sayurn sewaktu matang telah memperhatikan prinsip ..
a. Time utility
b. Place utility
c. Form utility
d. Ownership utility
12. Sebagian besar limbah industri cair cenderung bersifat mencemari air dan tanah. Untuk meminimalisasi tercemarnya air dan tanah, limbah industri cair seharusnya ...
a. Dibuang melalui saluran-saluran air.
b. Dinetralkan sebelum dibuang ke saluran air.
c. Dialirkan langsung ke sungai beraliran besar.
d. Ditampung dan dialirkan bersama limbah rumah tangga.
13. Sumber daya alam dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk pembangunan ekonomi dengan tujuan..
a. Membangun negara maju
c. Mewujudkan masyarakat sosial
b. Mencegah terjadinya erosi
d. Meningkatkan kemakmuran masyarakat
14. Kalimantan memiliki potensi sumber daya hutan dan area penambangan yang luas. Meskipun demikian,fungsi hutan di Kalimantan juga menjadi paru-paru dunia. Bentuk pemanfaatan sumber daya alam yang tepat untuk potensi hutan di Kalimantan yaitu....
a. Memperlonggar pengawasan pada kegiatan pemanfaatan sumber daya hutan
b. Meningkatkan produksi kayu dengan menebang pohon dalam jumlah besar.
c. Melakukan strategi konservasi terhadap fungsi hutan produksi
d. Melakukan alat berat untuk eksploitasi komoditas hutan
15. Sumber daya air yang digunakan untuk pengairan sawah harus dikelola dengan baik. Hal tersebut agar produksi pertanian maksimal, baik secara kuantitas maupun kualitas. Upaya paling tepat untuk memaksimalkan potensi sumber daya air bagi sektor pertanian adalah....
a. Meminimalisasi penggunaan air untuk keperluan domestik.
b. Tidak membangun bendunga di sungai
c. Melakukan penyedotan air tanah secara besar-besaran.
d. Membangu sarana pengairan dan irigasi.
16. Dampak positif berkembangnya banyak pabrik pengolaha kelapa sawit di Provinsi Riau yaitu....
a. Meningkatnya eksploitasi kelapa sawit
b. Terserapnya tenaga kerja di sekitar lokasi pabrik
c. Semakin luasnya lahan perkebunan kelapa sawit
d. Lebih murahnya penjualan kelapa sawit.
17. Perhatikan matriks berikut!
Perusahaan milik negara yang berperan mengelola sumber daya alam ditunjukkan matriks…
a. A1), B2), C3)
b. A2), B1), C2)
c. A2), B2), C3)
d.A3), B3), C1)
18. Perhatikan pernyataan berikut!
1) Menebang kayu di hutan untuk dijual.
2) Menanam beberapa jenis sayuran dengan teknik tumpang sari.
3) Menggali sebanyak mungkin batu kapur untuk dijadikan bahan bangunan.
4) Mendaur ulang kertas bekas untuk dijual.
Sumber daya alam bisa dimanfaatkan secara maksimal, tetapi harus diimbangi usaha pelestarian. Kegiatan yang menggambarkan pemanfaatan disertai pelestarian terdapat pada nomor . . . .
a. 1) dan 2)
b. 2) dan 3)
c. 2) dan 4)
d. 3) dan 4)
19. Tanah merupakan sumber daya alam yang dapat diperbaharui. Pengelolaan tanah harus dilakukan secara benar dan memperhatikan kelestarian ekosistem disekitarnya. Tindakan tersebut dapat dicontohkan dengan . . . .
a. Menanam jenis tanaman sepanjang tahun
b. Menggunakan pestisida kimia untuk membasmi hama
c. Menggunakan pupuk kompos untuk menyburkan tanaman
d. Membiarkan hama tetap hidup agar ekosistem tetap seimbang
20. Salah satu sumber daya alam strategis adalah minyak bumi. Minyak bumi digunakan sebagai sumber energi dari fosil. Minyak bumi termasuk sumber daya alam tidak terbarukan. Upaya yang dapat diakukan untuk menghemat penggunaan bahan bakar dari fosil tersebut yaitu . . .
a. Menggunakan listrik secara maksimal
b. Memakai kendaraan umum ke sekolah
c. Menggunakan kayu bakar untuk keperluan domestik
d. Menambah subsidi untuk bahan bakar
21. Perhatikan tabel dibawah ini!
No. Sumber Daya Alam ---- Fungsi
1 Jinten, jahe dan kunyit ---- Obat-obatan
2 Tembakau, teh, dan kopi ---- Bahan baku Industri
3 Kapas, rami, dan sisal ---- Bahan sandang
4 Jagung, Ubi, dan Sagu ---- Kayu olahan
Pasangan sumber daya alam dan fungsinya ditunjukkan oleh nomor ....
a. 1, 2, 3
b. 1, 2, 4
c. 1, 3, 4
d. 2, 3, 4
22. Perikanan merupakan kegiatan yang berhubungan dengan pengelolaan dan pemanfaatan sumber daya hayati perairan. Berikut ini yang merupakan contoh hasil perikanan air tawar adalah…
a. Udang
b. Patin
c. Tuna
d. Tongkol
23. Perhatikan gambar berikut!
Bahan baku produk pada gambar di atas berasal dari sumber daya alam nabati yaitu…
a. Mahkota dewa
c. Mawar
b. Akasia
d. Begonia
24. Pembangunan ekonomi bertujuan menyejahterakan masyarakat. Keberhasilan pembangunan konomi ditentukan oleh…
a. Sumber daya manusia
c. Sumber daya alam
b. Pendapatan nasional
d. Jumlah penduduk
25. Eksploitasi berlebihan terhadap sumber daya alam akan menyebabkan…
a. Ketidakstabilan sosial
b. Kenaikan harga-harga barang
c. Kelangkaan sumber daya alam
d. Kesejahteraan masyarakat menurun
26. Interaksi sosial budaya dapat terjadi ketika terdapat....
a. Nilai dan norma sosial.
b. Kontak dan komunikasi.
c. Sosialisasi dan komunikasi.
d. Media atau saluran komunikasi.
27. Perhatikan !
Masyarakat Kampung Naga di Jawa Barat masih memelihara budaya dan aturan adatnya. Masyarakat Kampung Naga tidak menggunakan listrik dan media informasi modern seperti televisi, radio, dan telepon seluler. Meskipun demikian, mereka menerima masyarakat luar yang melakukan study di desa mereka,seperti kelompok mahasiswa yang melakukan kuliah kerja nyata.
Latar belakang terpeliharanya budaya lokal Kampung Naga dari budaya luar adalah....
a. Letak geografis.
c. Kondisi fisik seseorang.
b. Latar belakang budaya.
d. Perkembangan ilmu pengetahuan.
28. Perhatikan gambari dibawah ini !
Di tiongkok jenis makanan di atas lazimnya berisi daging babi. Akan tetapi, di Indonesia makanan tersebut telah dimodifikasi dengan isi berbeda, seperti cokelat, kacang hijau, dan ayam. Dengan demikian,makanan tersebut dapat dikonsumsi masyarakat Indonesia yang mayoritas beragama Islam. Fenomena tersebut dapat dikategorikan bentuk akulturasi karena....
a. Terjadi pertukaran budaya.
b. Tidak menyebabkan perubahan budaya.
c. Tidak menghilangkan identitas budaya asli.
d. Terjadi peleburan budaya menghasilkan budaya baru.
29. Hubungan sosial masyarakat diharapkan dapat menciptakan keteraturan sosial dalam masyarakat. Akan tetapi, kondisi tersebut cenderung sulit dicapai dalam masyarakat majemuk/heterogen karena....
a. Lokasi yang sulit dijangkau.
b. Masyarakat bersifat tertutup.
c. Ilmu pengetahuan dan teknologi rendah.
d. Perbedaan latar belakan sosial budaya.
30. Bahasa mampu mencerminkan isi hati, pikiran, dan maksud seseorang. Oleh karena itu, bahasa merupakan media kunci menjalin hubungan/interaksi dengan orang lain. Perbedaan bahasa di setiap daerah dapat menghambat proses pembangunan nasional apabila…
a. Masyarakat bersikap tertutup dan etnosentris
b. Keterjangkauan antar daerah dapat dibangun
c. Bahasa daerah mulai ditinggalkan generasi muda
d. Masyarakat dapat menggunakan bahasa persatuan
31. Walaupun masih berada dalam satu pulau, bahasa masyarakat yang tinggal di Pulau Jawa berbeda-beda. Sebagai contoh, bahasa daerah Jawa Barat (Sunda) dan Jawa Tengah berbeda. Salah
satu penyabab perbedaan bahasa adalah...
a. Perbedaan kepercayaan
b. Perbedaan mata pencaharian
c. Keterbatasan perkembangan budaya
d. Hambatandalam proses interaksiantarsuku
32. Untuk melestarikan budaya local diperlukan strategi dan upaya tepat guna. Adapun salah satu bentuk upaya melestarikan budaya local padakalangan pelajar adalah…
a. Membatasi penggunaan internet dan media massa
b. Menyelenggarakan wisata budaya di berbagai daerah
c. Membatasi kuota barang-barang impor
d. Memasukkan pelajar muatan lokal
33. Demi menjaga moral remaja, setiap minggu SMP Pertiwi mengadakan siraman rohani bagi siswanya. Peran lembaga keagamaan di lingkungan sekolah adalah . . .
a. Membimbing umat
b. Memelihara ketertiban umat
c. Menegakan hukum keagamaan
d. Melakukan komunikasi antar umat beragama
34. Sania membuat kerajinan tas dari limbah batik sebagai tugas prakarya yang diberikan guru. Wujud peran serta lembaga pendidikan dalam peristiwa ini adalah . . .
a. Mengembangkan kegiatan ekonomi peserta didik
b. Mengaarkan kesenian kreatif kepada peserta didik
c. Memfasilitasi ide kreatif peserta didik
d. Membudayakan kesenian batik
35. Masyarakat pedalaman kurang dapat merasakan hasil-hasil pembangunan. Padahal sebagai bagian dari warga negara Indonesia, mereka berhak menikmati hasil pembangunan. Bentuk nyata peran lembaga politik terkait masalah di atas adalah. . .
a. Memberikan akses pendidikan dasar
b. Menetapkan aturan perlindungan bagi suku kedalaman
c. Meliput dan menganalisis kehidupan masyarakat pedalaman
d. Melaksanakan program pemberdayaan bagi masyarakat pedalaman
36. Setelah masyarakat Indonesia meninggalkan system barter, mereka mulai mengenal system uang barang. Pada perkembangannya masyarakat mulai menciptakan uang mulai modern untuk menggantikan uang barang karena. . .
a. Uang barang dapat dipecah menjadi bagian lebih kecil
b. Uang modern sulit dibawa kemana-mana
c. Uang barang nilainya tidak tetap
d. Uang barang mudah disimpan
37. Selama masa pendudukan Jepang, organisas-organisasi pergerakan nasional di Indonesia dibubarkan secara paksa. Meskipun demikian, Jepang tidak berani mengusik keberadaan organisasi Islam Di Indonesia. Tindakan tersebut dilakukan Jepang karena organisasi Islam di Indonesia…
a. Mau berkolaborasi dengan Jepang
b. Sering melakukan perlawanan bersenata
c. Memiliki pengaruh besar dalam masyarakat
d. Memiliki pemimpin-pemimpin yang berwibawa
38. Perhatikan tabel dibawah ini !
Tokoh-tokoh pergerakan kemerdekaan yang melakukan strategi gerakan bawah tanah ditunjukkan oleh kombinasi…
a. A1), A2), dan B1)
c. A2), B1), dan B3)
b. A1), B1), dan B2)
d. A3), B2), dan B3)
39. Berikut ini makna proklamasi kemerdekaan Indonesia bagi peruangan bangsa Indonesia, kecuali
a. Indonesia harus berjuang lebih keras untuk mempertahankan kemerdekaan
b. Indonesia telah mencapai puncak perjuangan kemerdekaan
c. Indonesia telah memasuki gerbang kemerdekaan
d. Indonesia bebas dari pengaruh bangsa lain
40. BUMN dan BUMS merupakan lembaga ekonomi yang memiliki kaitan dengan keberadaan sumber daya alam. Kedua lembaga tersebut memiliki tujuan berupa…
a. Menjalankan kegiatan mengurangi sumber daya alam
b. Menjual sumber daya alam langsung kepada masyarakat
c. Berperan menggali, mengolah, dan mendistribusikan kebutuhan masyarakat
d. Menyediakan sumber daya alam untuk memenuhi kebutuhan masyarakat
41. Masyarakat plosok dan pedalaman terbantu dengan adanya program Indonesia mengajar. Program ini mengirimkan para sarjana mengajar di daerah-daerah yang kekurangan tenaga ajar. Meskipun program ini bukan dari pemerintah, Indonesia mengajar diapresiasi pemerintah dan masyarakat. Lembaga sosial yang berperan dalam pemberdayaan kebudayaan ini adalah....
a. Lembaga keluarga
c. Lembaga politik
b. Lembaga agama
d. Lembaga pendidikan
42. Saat ini banyak pemerintah daerah yang menyelenggarakan event kebudayaan. Tidak hanya masyarakat umum, pihak sekolah juga dilibatkan dengan mengirimkan perwakilan siswa berparade. Pemerintah daerah juga mengajak perusahaan lokal menjadi sponsor acara. Lembaga sosial yang terlibat dalam mengelola keragaman budaya lokal diatas adalah....
a. Lembaga politik, lembaga pendidikan, lembaga ekonomi, dan lembaga kebudayaan.
b. Lembaga politik, lembaga pendidikan, lembaga ekonomi, dan lembaga agama.
c. Lembaga politik, lembaga pendidikan, lembaga ekonomi, dan lembaga keluarga.
d. Lembaga politik, lembaga pendidikan, lembaga ekonomi, dan lembaga swasta.
43. Untuk menarik simpati rakyat Indonesia, Jepang membentuk Pusat Tenaga Rakyat (PUTERA). Pada perkembanggannya PUTERA justru dibubarkan Jepang. Fakta tersebut menunjukkan bahwa.....
a. Organisasi PUTERA berhasil mencapai tujuan yang di berikan Jepang
b. Masa penjajahan Jepang tidak lebih baik dari penjajahan Belanda
c. Empat serangkai adalah tokoh-tokoh yang mendukung pemerintahan Jepang
d. Empat serangkai memanfaatkan PUTERA untuk kepentingan bangsa Indonesia
44. Ketika kembali dari Rengasdengklok, Soekarno dan Hatta sempat menemui Jendral Nishimura untuk menanyakan janji Jepang terhadap Indonesia. Pada pertemuan tersebut Jendral Nishimura menolak membantu persiapan kemerdekaan Indonesia. Penolakan tersebut dilakukan karena.......
a. Menghormati keputusan Perdana Menteri Koiso
b. Menjaga status quoIndonesia hingga kedatangan Sekutu
c. Membiarkan Indonesia berperang melawan tentara Sekutu
d. Meminta bantuan Indonesia untuk menahan kedatangan Sekutu
45. Perhatikan !
Masyarakat Blora dan Jepara dikenal sebagai perajin kayu jati. Sebagian besar penduduk di wilayah tersebut menghasilkan mebel dan dipasarkan di berbagai daerah. Beberapa perajin mampu mengekspor kerajinan kayu jati tersebut untuk memenuhi kebutuhan mebel luar negeri.
Dari ilustrasi tersebut keragaman budaya dapat berperan sebagai........
a. Penarik wisatawan asing
c. Peningkat sikap toleransi
b. Pendorong inovasi budaya
d. Pengembangan kebudayaan nasional
46. Peran lembaga politik dalam melakukan pengelolaan keragaman sosial budaya adalah ....
a. Menciptakan nilai dan norma yang dilaksanakan oleh masyarakat
b. Membuat undang-undang tentang perlindungan cagar budaya
c. Melakukan proses sosialisasi terhadap masyarakat
d. Mengajarkan pendidikan tentang toleransi
47. Salah satu bentuk dari pelaksanaan politik etis pada saat penjajahan Belanda adalah pelaksanaan
pendidikan. Pemerintah Belanda melaksanakan pendidikan bagi rakyat Indonesia dengan tujuan.......
a. Mencerdaskan bngsa Indonesia
b. Membalas budi baik bangsa Indonesia
c. Menyamakan derajat kalangan pribumi dengan orang Eropa
d. Mnyediakan tenaga kerja pemerintah dari kalangan pribumi.
48. Sebagai wujud janji kemerdekaan Indonesia pada kemudian hari, Jepang membentuk Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI). Tujuan pembentukan BPUPKI adalah ...
a. Menyelidiki hal-hal yang berhubugan dengan persiapan kemerdekaan Indonesia
b. Menggerakkan rakyat Indonesia untuk membantu Jepang dalam Perang Dunia II
c. Mengurus masalah pergantian kekuasaan dari Jepang kepada Indonesia
d. Meneruaskan tugas melaui PPKI
49. Setelah BPUPKI dibubarkan, dibentuklah suatu lembaga PPKI. Sesaat setelah PPKI dibentuk, tiga pimpinan tertinggi Jepang di kawasan Asia Tenggara yaitu Jenderal Terauchi. Salah satu hasil pertemuan tersebut adalah...
a. Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden Indonesia
b. Usaha pencegahan kedatangan tentara sekutu
c. Penegasan wilayah Indonesia saat merdeka
d. Pembentukan Panitia Sembilan
50. Perhatikan keterangan berikut!
1) Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden.
2) Pembentukan kementrian
3) Pembentukan BKR
4) Pembentukan wilayah Indonesia
Setelah Indonesia merdeka, lembaga- lembaga kelengkapan negara segera dibentuk melalui sidang PPKI. Hasil sidang kedua PPKI ditunjukkan oleh pernyataan nomor...
a. 1) dan 2)
c. 2) dan 4)
b. 2) dan 3)
d. 3) dan 4)
Halaman Berikutnya Klik:
1
2
3
Lainnya : Kumpulan Soal UKK SMP Kelas 8 Kurikulum 2013 + Kunci Jawaban Th. 2018
Kumpulan Soal PAS/ UAS Kelas 7 K 13 Semester 1 Th. 2018
Kumpulan Soal PAS/ UAS Kelas 8 KTSP dan K 13 Semester 1 Th. 2018
Kumpulan Soal PAS/ UAS Kelas 9 KTSP Semester 1 Th. 2018
Demikianlah soal latihan ukk ips smp/ mts kls 8 dan jawabannya diatas, semoga bermanfaat. Sekian dan terimakasih. Selamt belajar dan sukses selalu.